Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Sistem Unik Belajar Tanpa Semestinya Kuliah Lagi




Masa-masa sekolah dan kuliah memang bikin kangen. Enggak cuma kangen dengan sahabat-sahabat atau momen asyik lainnya, tapi kamu juga pasti rindu belajar dan mendapatkan ilmu baru. Bisa kembali duduk di kelas mungkin menyenangkan, tapi enggak seluruh dari kita bisa kembali ke tempat duduk kuliah karena alasan tertentu. Namun enggak melanjutkan kuliah ke level selanjutnya bukan berarti kau enggak bisa terus menimba ilmu, loh. Ilmu ada di mana-mana dan kau dapat mendapatkannya dengan mudah di era digital ini. Berikut metode-metode unik untuk belajar tanpa harus kuliah lagi yang dapat kau terapkan!

7 Sistem Unik Untuk Belajar Tanpa Mesti Kuliah

#1. Memperdengarkan podcast
Untuk kau cewek yang sibuk berprofesi, mungkin enggak ada waktu untuk membaca atau menonton di sela-jeda kesibukanmu. Kau bisa memecahkan situasi sulit itu dengan memperdengarkan podcast. Simpan episode podcast yang menurutmu asyik, berguna, dan dapat menambah ilmumu, lalu kamu dapat mendengarkannya dikala berada di kendaraan awam menuju kantor atau di ketika jam makan siang.

#2. Update kabar dan tren terbaru
Ini mungkin terdengar remeh, tapi enggak ada yang lebih bikin kau menonjol terampil dan knowledgeable selain up-to-date dengan berita dan tren terkini yang terjadi di negaramu atau secara global. Luangkan waktumu saat bermain smartphone untuk membuka portal info dan baca isu tiap-tiap pagi untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di sekitarmu.

#3. Turut seminar atau pelatihan
Kamu berkeinginan menambah skill sampingan? Boleh banget! Atau kau berharap memacu passion kau di luar profesi kantoranmu? Dapat! Kini telah banyak sekali pelatihan atau seminar yang dapat kamu ikuti sesuai dengan minatmu. Dijamin kau akan membawa pulang segudang ilmu dari ahlinya!

#4. Menonton Ted Talk di Youtube
Youtube memiliki banyak konten menarik yang dapat bikin kamu nyaman duduk di sofa seharian sambil memandang ke layar ponselmu. Sebaiknya gunakan waktumu ketika membuka Youtube untuk menonton video Ted Talk yang sarat akan ilmu pengetahuan. Kamu akan bisa banyak pembelajaran lantas dari ponselmu, tanpa seharusnya beranjak dari sofamu yang nyaman.

#5. Membaca buku
Enggak ada salahnya menyisihkan sedikit dari gajimu untuk membeli buku. Setidaknya satu buku dalam sebulan, cobalah membaca buku “serius”, seperti biografi, sejarah, ensiklopedia, dan buku lainnya yang dapat menambah ilmumu.

#6. Serta komunitas
Ilmu yang paling fresh adalah ilmu yang kita bisa secara segera dari sumbernya. Coba deh, ikutan dengan komunitas lokal. Enggak hanya kau dapat memperluas pergaulanmu dengan berjumpa orang baru, namun kau juga dapat belajar atau mendengar seketika dari orang-orang kelompok sosial tersebut.

#7. Kursus online
Kalau kau yakin punya banyak waktu untuk kembali belajar tanpa sepatutnya kuliah, membuat kesimpulan, atau melakukan tugas lagi seperti masa kuliah, tapi enggak berkeinginan duduk di kelas, kamu dapat mengambil kursus online. Telah tersedia banyak banget loh, kursus online yang free atau berbayar. Pastinya memudahkan kau yang ingin memperoleh sertifikat akademis resmi tanpa wajib kembali kuliah.

Baca Artikel Terkait Tentang leerebookes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *